Pengertian Rem Cakram Sepeda Motor & Cara Kerjanya

Menu Atas

Pengertian Rem Cakram Sepeda Motor & Cara Kerjanya

Renggaar


Renggars.com - Halo semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan sederhana tentang sistem kerja rem cakram pada sepeda motor. Mungkin bagi anda yang belum mengetahuinya bisa langsung simak ulasannya berikut ini.

Jika anda mempunyai sepeda motor biasanya tergantung dengan sistem rem yang digunakan, bisa jadi masih menggunakan rem tromol sepeda motor. Nah untuk anda yang memiliki motor dengan rem cakram bisa langsung baca pengertian dari rem cakram sepeda motor dibawah ini.


Apa Itu Rem Cakram Sepeda Motor?

Rem cakram adalah sistem pengereman sepeda motor yang menggunakan sistem hidrolik untuk mendorong piston caliper supaya menekan kampas rem Yeng berupa lempengan untuk mencengkeram piringan cakram.

Sistem rem cakram ini dinilai lebih bagus atau lebih efektif gaya pengereman nya dari pada rem tromol dan perawatan nya pun tidak sulit


Keuntungan Menggunakan Rem Cakram (Disk brake)

  1.  Panas cenderung menghilang disaat disk dibuka dan juga piring cakram yg di beri rongga - rongga atau lubang- lubang supaya panas dan kotoran sisa pengereman bisa langsung terkena angin. Sehingga pengereman pun tetap efektif dan tetap stabil.
  2.  Jika rem harus memindahkan panas, Clearence antara rem dan bantalan akan sedikit berubah. Kerena itu tangkai rem dan pedal dapat beroperasi dengan normal.
  3.  Jika rem basah, maka air tersebut akan akan dipercikkan keluar melalui piringan cakram.
  4.  Sistem kerja lebih efektif dibandingkan dengan rem tromol.

Sistem rem cakram ini memiliki penampang rem yang lebih kecil dibanding sistem lainnya tetapi memiliki daya gesek sangat kuat yang saling menekan gaya gesekan sehingga proses pengereman lebih efektif. Maka dari sistem ini dibilang lebih sederhana dan lebih responsif dibandingkan dengan jenis rem yang lainnya. Berikut cara kerja nya.


Prinsip Kerja Rem Cakram (Disk Brake)

  1. Rem akan bekerja disaat posisi hendel rem kita tekan pake tangan, nah dari tekanan tersebut piston pada master rem akan tertekan dan terdorong kedalam.
  2. Dari situ lah akan terjadi tekanan pada minyak rem yang diteruskan lewat selang rem menuju piston yang mengakibatkan kampas rem terdorong. Sehingga kampas rem akan mencengkram piringan cakram dengan erat.
  3. Dari situ akan terjadi pengereman sehingga memperlambat laju kendaraan tersebut.
  4. Setelah kita melepaskan hendel rem akan menyebabkan adanya peregangan sehingga komponen rem akan kembali seperti semula sebelum kita oprasikan dan tidak ada lagi gesekan antara kampas rem dan piringan.


Nah itulah pembahasan mengenai cara kerja rem cakram secara umum yang bisa anda ketahui. Semoga bisa menambah wawasan kita semua mengenai rem cakram sepeda motor. Terima kasih atas perhatiannya dan kunjungan nya.