Cara Perawatan Rem Cakram Sepeda Motor

Menu Atas

Cara Perawatan Rem Cakram Sepeda Motor

Renggaar

Renggars.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu cara perawatan rem cakram pada sepeda motor. Mungkin bagi anda yang belum mengetahuinya bisa langsung simak ulasannya berikut ini.


Seperti yang kita ketahui rem cakram juga perlu perawatan yang berkala untuk memastikan bawa rem cakram beroperasi dengan lancar tanpa ada kendala maka dari itu sistem pengereman perlu ada nya perawatan setiap bulan nya. Rem cakram ini bersifat terbuka sehingga kita harus memperhatikan perawatannya agar proses pengereman tetap optimal. 

Berikut ini merupakan cara perawatan rem cakram yang perlu dilakukan.


1. Mengganti minyak rem

Minyak rem berfungsi untuk menggerakkan piston yang ada pada master rem. 

Penggantian minyak rem sebaik nya satu tahun atau paling lama dua tahun tergantung kita sering memakai kendaraan tersebut. Jangan lupa untuk mengganti minyak rem karena dikhawatirkan ada saluran minyak tersumbat minyak kotor atau minyak rem sudah encer yang dapat mengakibatkan kinerja piston tidak maksimal karena tekanan minyak rem sudah berkurang.


2. Membersihkan kaliper

Cara membersihkan kaliper ini cukup mudah namun harus tetap hati-hati dan teliti supaya komponen yang kita bersihkan tidak hilang. Pertama, lepaslah kaliper rem dengan kunci L dari shockbreaker, kemudian lepas bantalan rem, setelah terlepas bersihkan bantalan rem menggunakan sikat kawat atau amplas. Langkah yang kedua, untuk bagian yang sulit dijangkau dapat menggunakan kompresor. Dan yang terakhir langkah ketiga, setelah dibersihkan pasang kembali komponen telah dibersihkan tersebut.


3. Perhatikan kaliper

Jangan sampai terlupakan untuk membersihkan kaliper, mengingat rem cakram bersifat terbuka sehingga banyak terkena debu, pasir, dan kotoran yang menempel. Perhatikan juga seal piston, jika seal pistol sudah bocor segera menggantinya agar terhindari adanya kebocoran minyak yang menyebabkan kinerja piston lemah.

Kaliper ada komponen yang kemungkinan rusak nya paling kecil, tapi juga memerlukan perawatan dan perhatian terhadap kaliper tersebut.

Bila kaliper kondisinya bergetar maka akan cepat aus kalipernya. Begitu pun dengan cakramnya karena permukaannya tidak rata serta ada bagian-bagian tertentu yang terus menerus bergesekan dengan kaliper meskipun tidak dilakukan pengereman. Maka dari itu posisi kaliper harus selalu dicek. Caranya pun mudah kita hanya perlu memutarkan ban depan motor. Kemudian lihat gerakan piston, bila gerakkannya masih normal atau seirama dengan piringan cakram itu artinya tidak ada sentuhan/gesekan maka kaliper masih normal.


Itulah pembahasan mengenai perawatan sistem rem cakram yang tidak terlalu sulit untuk kita kerja an sendiri dirumah. 

Cukup sekian postingan yang saya buat semoga bermanfaat untuk kita semua.