Cara Menyeting Karburator Dengan Mudah Dan Benar

Menu Atas

Cara Menyeting Karburator Dengan Mudah Dan Benar

Renggaar


Sumber: pixebay

Dalam kinerja motor, karburator memiliki peran penting untuk mencampur bahan bakar dan udara yang akan masuk keruang pembakaran.

Sedangkan untuk menyeting karburator itu sendiri kita tidak bisa sembarang untuk menyeting karburator, ada Beberapa faktor yang harus kita perhatikan.

Berikut Cara Menyeting Karburator Dengan Mudah Dan Benar

Sebenarnya cara menyeting karburator itu sangat lah mudah, bahkan kamu tidak perlu bantuan orang lain dan susah payah untuk pergi ke bengkel.

Untuk menyeting karburator pun tidak perlu kunci kusus. Kamu cukup siap kan obeng (-) untuk menyeting karburator dan lakukan langkah-langkah seperti yang dibawah ini.

1.Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Langkah awal sebelum menyetel karburator adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng. Untuk memutar skrup, obeng yang digunakan berjenis min (-). Karburator memiliki dua skrup dengan fungsi yang berbeda. Skrup pertama berfungsi untuk menyetel udara dan skrup kedua untuk menyetel gas. 

2.Menghidupkanesin motor

Setelah peralatan disiapkan bukan berarti kamu harus langsung menyetel karburator , karena kamu perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu. Pastikan mesin motor dalam keadaan hidup agar bisa mendapat settingan yang pas. Hal ini juga penting dilakukan agar dapat mengetahui apakah mesin dalam kondisi brebet atau normal-normal saja.

3.Memutar skrup penyetel gas

Jika gas motor keadaannya terlalu brebet maka yang harus kamu lakukan yaitu menyetelnya dengan cara memutar skrup penyetel gas searah jarum jam atau ke arah kanan menggunakan obeng yang sudah disiapkan tadi.

Hal tersebut bertujuan agar kutub gas semakin terbuka dan tekanan RPM juga semakin meninggi sehingga akan menghasilkan gas yang pas.

4.Tutup Skrup penyetel gas

Jangan sepelekan proses ini, karena berfungsi untuk mengatur skrup penyetel udara yang bisa menutup saluran idle dan juga bertujuan untuk menutup udara yang masuk ke dalam mesin.

5. Buka skrup angin hingga RPM tinggi

Saat menutup skrup angin kamu perlu memastikan mesin terus dalam keadaan menyala. Jika mesin mati sebelum saluran di tutup maka kamu harus menghentikan putaran skrup angin dan membiarkan RPM rendah bisa dicapai oleh mesin.

Setelah itu kamu bisa memutar skrup dengan arah membuka, ini bertujuan agar RPM bisa berangsur naik setelah udara di tutup. Standar nya skrup angin di putar 1½ putaran.

6. Menurunkan setelan gas

Dan yang terakhir adalah menurunkan setelan gas agar menghasilkan idle yang paling ideal. Setelah semua proses sudah dilakukan, cobalah settingannya dengan cara menghidupkan kembali mesin motor. Jika settingan sudah benar maka ditandai dengan motor langsung menyala hanya dalam satu kali starter. Tapi jika belum, kamu perlu setel ulang kembali karburatornya agar mendapatkan settingan yang ideal.




Itulah cara menyeting karburator dengan mudah dan benar. Semoga postingan ini bisa memudahkan kita untuk menyeting karburator sendiri dirumah.